Pencarian

 

Data Pengunjung

Hari ini:23
Total:54,633
IP Anda:52.91.90.122
Unknown browser  

Agenda

Desember 2018
MiSnSeRbKmJmSb
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031     

Arti Lambang

ARTI LAMBANG

KOMANDO RESOR MILITER 041/GARUDA EMAS

 

Nama  lambang : ”GARUDA EMAS”

Rincian Lambang :             

  • Diatas Burung Garuda Emas terdapat Bintang Bersegi Lima.
  • Burung Garuda Emas dengan sayap terkembang
  • Burung Garuda Emas dan Jumbai warna kuning emas
  • Pedang dan Keris berwarna Kuning emas, tangkai warna coklat menyilang dibelakang tulisan Garuda Emas
  • Diatas dasar kain berwarna hijau lumut

 Arti  dan Makna Lambang Burung Garuda Emas pada Duwaja Korem 041/Gamas.

  1. Bintang bersegi lima merupakan lambang Ketuhanan Yang Maha Esa, yang mengandung makna bahwa  setiap Prajurit Korem 041/Garuda Emas dalam bertugas selalu menjunjung tinggi nilai Ketuhanan YME, dan Agama sebagai pedoman dalam kehidupan Prajurit.
  2. Burung Garuda mengandung arti : “ Kebesaran dan kepercayaan yang kokoh, Garuda Emas  sebagai simbul Penguasa dan Pelindung serta menjunjung tinggi jiwa pahlawan.   Burung Garuda Emas dengan paruh dan kuku yang berwarna merah melihat kebawah mengandung arti sikap yang selalu jujur dan berani, sedangkan kakinya berwarna coklat mengandung arti  siap menghadapi setiap ancaman yang akan timbul .  Terbang dengan megahnya di angkasa diatas wilayah Korem 041/Garuda Emas dengan ekor yang mengembang sejumlah 7 helai melambangkan ”SAPTA MARGA” yang menjadi dasar hidup prajurit KOREM 041/ GARUDA EMAS. 
  3. Pedang dan Keris berwarna kuning emas dengan tangkai warna coklat yang menyilang dibelakang tulisan Garuda Emas mempunyai arti ”menjunjung tinggi Budaya dan Adat Istiadat masyarakat Bengkulu , kewaspadaan dan kesiap siagaan  yang bermakna setiap Prajurit Korem 041/Garuda Emas senantiasa waspada dan penuh kesiap siagaan dalam mengemban tugas pokoknya serta mempertahankan wilayahnya dari setiap ancaman musuh yang datang dari dalam dan luar Negeri yang ingin merong-rong kewibawaan NKRI ”
  4. Bulu-bulu  kecil pada sayap berjumlah 24 helai melambangkan tanggal lahir, 2 helai bulu di bawah leher melambangkan bulan Februari , sedangkan bulu-bulu pada leher sebanyak 19 helai dan pada dada sebanyak 46 helai kesemuanya mengandung arti  “ Tanggal 24 bulan 2 tahun 1946 menandakan tahun berdirinya Korem 041/Gamas”.
  5. Bulu sayap besar berjumlah 8 helai melambangkan delapan wajib TNI, mengandung makna bahwa Prajurit 041/Gamas senantiasa menjunjung tinggi 8 wajib TNI  sebagai sendi dalam kehidupan dan  pelaksanaan tugas.

 

Tata Warna

  1. Dasar kain beludru Hijau Lumut melambangkan bumi yang makmur dan mempunyai tanah yang subur dengan sumber daya alam yang melimpah.
  2. Warna Kuning Emas mengandung arti kejayaan dan keagungan serta bangga hidup bercita – citakan di alam kemerdekaan.
  3. Tulisan GARUDA EMAS  dengan huruf putih di bawah dasar merah berarti : dimasa silam, menunjukan keberanian, pantang mundur, pantang menyerah serta mempunyai Budi luhur dalam mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia Sang Merah Putih sebagai lambang negara berarti : Bendera Kebangsaan Indonesia yang menjadi lambang persatuan Bangsa Indonesia dengan huruf putih dalam arti suci dan dasar merah berarti berani,  setiap saat siap sedia menghadapi segala tantangan.